4 Perbedaan Tikar dan Karpet yang Harus Diketahui

4 Perbedaan Tikar dan Karpet yang Harus Diketahui

October 3, 2019 0 By Superhero

Mungkin kebanyakan orang memiliki anggapan bahwa tikar dan karpet merupakan hal yang sama. Memang keduanya digunakan sebagai alas duduk, namun memiliki bahan yang berbeda sehingga tikar dan karpet bukanlah produk yang sama. Jika Anda membandingkan dari harganya, maka akan terlihat bahwa harga karpet tile mungkin akan lebih mahal dibandingkan dengan tikar.

Anda harus melakukan survei terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga karpet tile murah. Dengan begitu, Anda bisa membeli karpet yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Karpet lebih banyak dipilih karena terasa lebih nyaman karena memang bahannya yang lebih tebal. Namun, untuk beberapa kegiatan seperti piknik akan lebih cocok menggunakan tikar.

Perbedaan Tikar dan Karpet

Mungkin masih banyak orang yang bingung dan merasa bahwa karpet dan tiket terlihat sama saja. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Agar tidak salah dan bisa membedakannya dengan baik, maka berikut akan dibahas tentang beberapa perbedaan tikar dan karpet.

1. Bahan pembentuknya.

Tikar dan karpet tentu berbeda dari bahan pembentuknya. Tikar biasanya dibentuk dari bahan plastik, sedangkan karpet akan terbuat dari bahan wol, nilon, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat ketebalan dari kedua produk ini sangat berbeda. Kebanyakan orang akan memilih untuk menggunakan karpet karena terasa lebih tebal dan nyaman. Namun jika digunakan saat di luar maka akan lebih efektif menggunakan tikar.

2. Harga.

Kedua bahan ini tentu memiliki harga jual yang berbeda. Biasanya tikar akan memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan karpet, namun tergantung dari ukurannya juga. Bahan plastik biasanya lebih mudah didapatkan sehingga tikar dijual dengan harga yang lebih murah. Namun karpet juga terdiri dari berbagai bahan dan juga berbagai harga. Untuk itu, pilihlah produk dengan cermat agar Anda bisa mendapatkan yang sesuai.

3. Kegunaan.

Dari segi kegunaan mungkin keduanya hampir memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai alas. Namun, jika diperhatikan lebih dalam, karpet akan cenderung digunakan sebagai dekorasi rumah, sedangkan karpet tidak. Banyak sekali motif karpet yang bisa Anda pilih untuk melengkapi interior rumah. Namun, jika digunakan untuk bepergian, maka tikar akan lebih cocok karena lebih ringan dan mudah disimpan. Sedangkan, karpet berat dan sulit untuk disimpan. Kedua produk ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, kembali lagi pada kebutuhan pengguna. Sesuaikan selera dan hal yang Anda butuhkan agar lebih sesuai.

4. Perbedaan menurut istilah.

Jika membahasnya menurut istilah, maka tikar akan diartikan sebagai anyaman yang terbuat dari plastik. Sedangkan karpet merupakan permadani. Dalam istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa karpet didefinisikan sebagai bahan yang lebih tebal dibandingkan dengan tikar. Hal inilah yang membuat kedua produk ini berbeda.

Itulah beberapa perbedaan dari tikar dan karpet yang harus anda ketahui. Jika Anda mampu membedakan tikar dengan karpet, maka Anda tidak akan lagi bingung dan bisa memilihnya dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Harga tikar dan harga karpet tile mungkin akan berbeda. Untuk itu, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu agar bisa mendapatkan harga yang paling bagus.

Jika Anda bisa mendapatkan harga karpet tile murah, maka Anda bisa berhemat dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain. Penggunaan karpet bukan hanya sebagai alas duduk saja, namun juga seringkali digunakan untuk dekorasi rumah. Motif karpet yang sangat menawan membuat tampilan rumah Anda menjadi indah dan nyaman.