5 Sistem Untuk Pembuangan Limbah Industri

5 Sistem Untuk Pembuangan Limbah Industri

July 25, 2019 0 By Superhero

Pencemaran lingkungan di perkotaan saat ini sudah semakin parah. Hal tersebut terjadi tentu saja karena ulah manusia yang beraktivitas tanpa adanya tanggungjawab. Salah satu sumber dari pencemaran lingkungan adalah pembuangan limbah. Padahal saat ini jasa kontraktor ME sudah tersedia di berbagai kota besar. Dengan menggunakan jasa kontraktor tersebut maka proses pembuangan limbah menjadi lebih tepat. Dengan begitu pencemaran lingkungan pun akan berkurang.

Sistem yang Tepat Untuk Membuang Limbah Industri

Sebenarnya kerusakan lingkungan yang disebabkan limbah industri sudah menjadi keluhan masyarakat sejak dahulu. Hanya saja sampai saat ini pekerja pabrik masih belum peduli terhadap dampak yang diberikan dari proses pengolahan produknya. Agar lingkungan tidak semakin rusak, mulai sekarang manfaatkan saja jasa kontraktor HVAC. Baik itu HVAC maupun ME, keduanya berada di bidang yang sama, yaitu mengatasi permasalahan pembuangan limbah industri. Ada beberapa sistem yang mereka pilih untuk membuang limbah, berikut beberapa pilihannya:

Sistem trickling filter.

Salah satu sistem pembuangan limbah yang dipraktekkan oleh jasa kontraktor ME yaitu dengan sistem trickling filter. Jadi dalam sistem ini akan berpusat pada tumpukan media yang bersifat padat. Kemudian untuk kedalamannya hampir 3 meter dan berbentuk silinder. Sistem ini memungkinkan limbah disebar ke permukaan media padat tersebut, kemudian bagian lengan distributornya berputar. Sehingga air pun akan mengalir menuju arah bawah. Kelebihan dari sistem trickling filter ini yaitu, baik untuk proses oksidasi. Kemudian untuk penggunaannya pun sangat praktis.

2. Sistem lumpur aktif.

Di dalam sistem ini akan terbagi menjadi 2 proses. Proses pertama yaitu tangki sedimentasi, kemudian untuk proses kedua yaitu  bioreactor. Sistem pembuangan limbah ini sering dilakukan oleh para jasa kontraktor berpengalaman karena dianggap memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihan dari sistem ini yaitu, dapat digunakan untuk pembuangan limbah jenis apapun.

3. Sistem RBC.

Sistem RBC ini merupakan sistem untuk pengolahan limbah yang di dalamnya terdiri dari deretan cakram. Deretan cakram tersebut dipasang dengan horizontal. Kemudian untuk jarak masing-masingnya sepanjang 4 cm. pada saat as diputar, permukaan cakranya akan berkenaan dengan limbah cair secara bergantian. Perputaran tersebut pada akhirnya menyebabkan tumbuhnya mikroorganisme dan akan mengabsorpsi bahan-bahan organik yang terdapat pada limbah industrinya.

4. Sistem kolam.

Prinsip pembuangan limbah menggunakan sistem kolam ini dengan cara menyuplai oksigen, kemudian pengadukannya alami. Dengan begitu proses merombak bahan organik akan lebih lama dan membutuhkan area luas. Kelebihan dari sistem ini yaitu, metodenya masih sederhana dan peralatan mekannis tidak diperlukan. Jasa kontraktor HVAC pun terkadang menggunakan sistem ini apabila di sekitar pabriknya memiliki areal luas yang jauh dari pemukiman.

5. Sistem septic tank.

Meskipun sistem ini sangat sederhana, namun ada beberapa jasa kontraktor yang masih menggunakannya. Jadi seluruh limbah industri akan dimasukkan ke dalam septik tank. Sistem ini dilengkapi dengan sebuah fasilitas yang bertujuan untuk peresapan efluen. Ada kelebihan yang dimiliki oleh sistem ini, yaitu lebih efektif dan mudah diterapkan, sekalipun debit limbah industrinya relative kecil.

Sekian beberapa contoh sistem untuk proses pembuangan limbah industri yang tepat dan aman. Dari kelima proses pembuangan limbah tadi tidak ada yang sulit untuk diterapkan. Terlebih jika sebuah pabrik menggunakan jasa kontraktor ME ataupun HVAC. Pasalnya kedua kontraktor tersebut sudah sangat berpengalaman dalam mengatasi pembuangan limbah industri di berbagai kota.