Bahaya Atap Gedung yang Bocor

Bahaya Atap Gedung yang Bocor

September 26, 2019 0 By Superhero

Musim penghujan biasanya menjadikan hati menjadi gelisah dan sering khawatir. Saat hujan tiba kadang bisa terjadi banjir, selain itu yang perlu di khawatirkan lagi yaitu atap yang bocor. Kebocoran di atap gedung saat musim hujan akan menjadi masalah besar. Mungkin yang sering terjadi ketika hujan pasti air hujan akan masuk ke dalam gedung. Apalagi kebanyakan gedung menempatkan atap sebagai pusat jaringan listrik. Apabila air hujan yang masuk ke dalam gedung dan mengenai jaringan listrik, pasti membuat kita khawatir akan terjadinya korsleting bahkan kamu bisa terkena listrik tegangan tinggi. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir apabila saat membuat gedung bekerja sama dengan kontraktor listrik yang sangat terpercaya.

Sering kali pihak pengembang gedung menggunakan jasa instalasi listrik untuk mengatur kelistrikan di area gedung. Atap adalah tempat yang cocok digunakan untuk pusat kelistrikan. Akan tetapi jika atap bocor akan menjadi masalah besar untuk jaringan listrik.

Air termasuk salah satu media penghantar lisrik, selain itu juga dapat menyebabkan konsleting jika terkena kabel listrik yang terkelupas. Konsleting itu sendiri bisa saja menyebabkan kerusakan pada alat-alat elektronik yang ada, bahkan konsleting itu bisa saja menyebabkan kebakaran. Jika terjadi kebocoran di atap akan sangat beresiko terhadap ketahanan atap gedung. Air hujan yang masuk melalui atap yang bocor, lama kelamaan bisa membuat lumut dan parahnya dapat merusak bagian atap gedung. Karena itu sebelum membuat gedung alangkah baiknya berkoordinasi dahulu dengan kontraktor listrik guna mengatur jaringan kelistrikan gedung.

Ada beberapa penyebab kebocoran atap gedung, di antaranya :

Kontruksi gedung yang salah menjadi penyebab utama sering terjadinya kebocoran di atap gedung.

Kontruksi gedung yang salah dapat memicu kebocoran yang terjadi. Coba bayangkan apabila kontruksi gedung terjadi kesalahan, pastinya air hujan yang seharusnya tidak bisa masuk ke dalam gedung akan masuk dengan mudah.

Masih adanya celah atau lubang saat pemasangan penutup atap.

Saat menutup atap, seharusnya tidak ada celah sama sekali. Apabila penutup atap masih terdapat celah, pastinya saat hujan air akan masuk ke dalam gedung melalui celah – celah tersebut.

Memakai bahan yang mudah rusak atau mudah karat, sehingga ketika bahan sudah terkena karat pasti suatu saat akan menjadi lubang.

Bahan yang digunakan untuk atap seharunya bahan yang anti karat dan kuat. Karena tempatnya berada di luar dan sering terkena panas matahari, serta derasnya air hujan, atap rumah seharusnya memakai bahan yang anti karat dan harus kuat juga agar tidak cepat rusak bahkan sampai roboh.

Talang atau saluran air yang berada di atap tersumbat oleh kotoran, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.

Talang atau saluran air yang tersumbat juga memicu kebocoran yang berada di atap. Tersumbatnya saluran air yang berada di atap membuat aliran air terganggu sehingga akan terjadi penumpukan air di atap, dan kemudian menjadi bocor, apabila atap sudah tidak kuat menahan rembesan air yang menggenang.

Tidak melapisi dak beton yang masih mempunya pori – pori dengan lapisan bahan anti air atau waterproof.

Tidak melapisi pori – pori yang terdapat di dak beton adalah suatu kesalahan, karena jika terjadi hujan, airnya akan merembes melalui pori – pori tersebut. Akan tetapi walaupun dak beton sudah dilapisi, namun tidak menggunakan bahan anti air, pastinya air hujan yang berada di atap masih akan merembes masuk ke dalam gedung.

Dari lima contoh diatas, kita bisa tahu penyebab yang menjadikan atap gedung bocor. Untuk sebab itu kamu harus selalu mengingatnya, guna mencegah kebocoran atap gedung.