Ternyata Ini 6 Cara Paling Ampuh Cegah Laba – Laba Bersarang

Ternyata Ini 6 Cara Paling Ampuh Cegah Laba – Laba Bersarang

July 19, 2019 0 By Superhero

Memiliki rumah yang bersih, indah dan rapih tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Namun tentu saja hal ini sangat sulit terealisasi mengingat banyak sekali tantangan yang dihadapi, salah satunya adalah sarang laba-laba.

Sarang laba-laba sangat mudah sekali tumbuh di mana saja dan kapan saja selama suasananya mendukung laba-laba untuk bersarang. Perkara ini yang kemudian menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bagi setiap hunian.

Cara Cegah Laba-Laba Bersarang di Dalam Rumah

Sarang laba-laba yang bersarang baik di dinding, atap, maupun benda-benda tertentu dapat dicegah dengan cara-cara berikut:

1. Bersihkan rumah.

Jika rumah bersih, tidak akan ada celah untuk laba-laba membuat sarang, untuk itu bersihkan rumah sebaik mungkin, jika terlanjur ada sarang laba-laba maka bersihkan sarangnya sampai benar-benar hilang agar tidak lagi membuat sarang. Membersihkan rumah dapat dengan menyingkirkan sisa makanan yang sering berserakan, menyapu atau menyedot debu di lantai, di dinding maupun di wallpaper dinding, merapikan barang-barang dan lain-lain.

2. Tidak menggunakan lampu di luar rumah.

Lampu yang dinyalakan di luar rumah tidak akan menyebabkan kehadiran laba-laba menjadi banyak, namun lampu yang dinyalakan mampu menarik perhatian serangga lain yang menjadi makanan laba-laba hingga akhinya laba-laba senang hidup di sekitar lampu sekaligus membuat sarang.

Serangga lain yang biasa menjadi makanan laba-laba juga sering berkumpul di lampu dalam rumah jika pada malam hari jendela maupun pintu atau celah lainnya dibiarkan terbuka. Untuk menghindari adanya laba-laba, langsung bersihkanlah serangga yang bersarang di lampu dalam rumah.

3. Basmi tempat sarang laba-laba.

Sarang laba-laba biasanya ada di tempat yang sulit dijangkau seperti sudut bagian atas rumah, dinding rumah bagian paling atas, sudut jendela, di dekat lampu, dan tempat-tempat lainnya.

Baca juga: 5 Corak Vinyl Lantai yang Tepat untuk Kamar Mandi

Bersihkan tempat-tempat yang berpotensi dijadikan laba-laba bersarang, yaitu dengan menghilangkan debu, menyemprotkan cairan khusus dan melakukannya denga rutin.

4. Tutup semua celah.

Laba-laba berasal dari luar rumah yang dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah rumah yang kerap tidak disadari. Maka dari itu tutup semua celah rumah, jika ada ventilasi yang mengharuskan udara masuk, gunakanlah jaring kawat agar laba-laba tidak masuk. Menutup akses laba-laba masuk dapat menghindari hadirnya sarang laba-laba di dalam rumah.

5. Singkirkan tanaman di sekitar maupun di dalam rumah.

Tanaman di dalam rumah sering digunakan sebagai bentuk dekorasi yang mampu menciptakan suasana rumah yang natural dan alami. Namun ternyata di sisi lain tanaman menjadi masalah tertentu, yaitu dapat mendatangkan laba-laba yang kemudian akan membuat sarang di dalam rumah. Laba-laba sangat menyukai tempat tersembunyi, dan tanaman merupakan salah satu tempat yang tepat, apalagi tanamannya merambat atau memiliki daun yang rapat.

Untuk itu singkirkan tanaman di sekitar rumah, atau jika tetap ingin memajang tanaman, tanamlah tanaman kecil yang tidak terlalu rindang kemudian sering-seringlah mengontrol agar laba-laba benar-benar tidak hadir.

6. Material rumah yang mudah dibersihkan.

Sesering apapun Anda membersihkan rumah, jika material yang digunakan sulit untuk dibersihkan akan percuma saja karena membuang tenaga Anda cuma-cuma. Untuk itu gunakan material rumah yang mudah dibersihkan seperti material lantai dengan bahan vinyl, plafon gypsum maupun wallpaper vinyl yang banyak tersedia di pasaran dengan harga yang murah. Harga wallpaper dinding murah kualitasnya tidak perlu dipertanyakan karena terbukti mampu mencegah datangnya sarang laba-laba karena mudahnya untuk dibersihkan.