Penggunaan Movable Partition Untuk Aula Sekolah

Penggunaan Movable Partition Untuk Aula Sekolah

November 25, 2019 0 By Superhero

Movable partition atau partisi portabel banyak dimanfaatkan pada fasilitas-fasilitas umum. Khususnya pada bangunan luas yang membutuhkan pembagian ruang secara temporer. Keberadaan partisi portabel memang memberikan kemudahan-kemudahan di mana sebuah ruangan bisa dibagi pada beberapa fungsi khusus secara cepat.

Dalam artian, tidak diperlukan proses renovasi bangunan yang memakan banyak waktu dan biaya untuk membagi ruangan. Keberadaan partisi portabel juga memungkinkan perubahan fungsi ruang yang fleksibel dan cepat, dapat dilakukan berkali-kali sesuai kebutuhan.

Salah satu ruangan sekolah yang kerap menggunakan partisi portabel adalah ruang aula. Ada beberapa cara memanfaatkan partisi portabel pada aula sekolah.

Membagi Aula Sekolah Menjadi Kelas-kelas Darurat

Ada kalanya pihak sekolah harus membuat kelas darurat pada saat ditemukan sebuah masalah pada sebuah kelas. Misalnya, sedang dilakukan perbaikan ruang kelas, aliran listrik di kelas mati atau lain sebagainya. Memindahkan murid-murid ke aula merupakan alternatif terbaik. Partisi portable pun bisa digunakan untuk membagi aula sekolah menjadi beberapa ruang kelas darurat sementara hingga ruang kelas regiler bisa digunakan kembali.

Membuat Ruangan Backstage Saat Pertunjukan Sekolah di Aula

Ada kalanya sekolah mengadakan berbagai kegiatan berupa pertunjukkan untuk beragam keperluan di aula. Misalnya perlombaan seni, acara perpisahan, praktek pelajaran dan lain sebagainya. Untuk bagian persiapan sebelum tampil di panggung, maka akan diperlukan bagian backstage (belakang panggung) yang harus tersembunyi dari penonton pertunjukan.

Untuk memisahkan area backstage dengan area pertunjukkan, maka bisa digunakan movable partition. Ruangan backstage tentunya harus disediakan dalam ukuran yang optimal, agar peserta pertunjukkan tidak terlalu berdesak-desakan.

Membuat Area Penyimpanan Peralatan Olahraga Pada Aula

Tidak jarang aula sekolah juga digunakan sebagai aula praktek olah raga bagi beberapa sekolah. Tentunya, ada banyak peralatan olahraga yang diperlukan seperti misalnya net dan peralatan bulu tangkis, matras senam, bola serta beragam peralatan lainnya.

Untuk membuat ruang penyimpanan ini tidak perlu dibuat ruangan khusus penyimpanan secara permanen. Cukup dengan memasang partisi portabel. Selain itu, apabila suatu saat seluruh ruangan aula perlu untuk digunakan, maka ruang penyimpanan ini juga bisa dengan mudah dibuka.

Untuk Memisahkan Murid Laki-laki dan Perempuan dalam Peringatan Acara Keagamaan di Aula

Ada kalanya pada saat acara keagaaman yang melibatkan seluruh siswa, maka aula harus digunakan. Misalnya saat digelar acara peringatan agama seperti maulid nabi yang disertai kegiatan mengaji dan sholat berjamaah. Dalam hal ini, partisi portabel juga bisa dimanfaatkan untuk memisahkan murid laki-laki dengan murid perempuan agar tidak bercampur dan lebih mudah diatur.

movable partition

Itulah beberapa fungsi dari penggunaan movable partition pada aula sekolah. Sebenarnya fungsinya tidak hanya sekedar untuk aula, masih banyak lagi area yang bisa digunakan sekat atau pembatas jenis ini. Tentunya dengan penggunaan partisi portabel tersebut, dapat menghemat anggaran pengeluaran sekolah, dan membuat aula sekolah lebih multifungsi.

Saat ini, salah satu bahan partisi portabel yang banyak dipilih adalah GRC. Selain merupakan bahan yang kuat dan ringan, juga mudah didapat, dibentuk dan tahan lama. Karena GRC tahan terhadap cuaca, air dan juga anti rayap serta anti jamur

Tentunya patisi GRC sangat sesuai untuk aula sekolah yang digunakan untuk beragam kegiatan. Selain itu, seperti halnya harga plafon GRC murah, harga partisi GRC juga bisa dibilang cukup terjangkau. Setiap jasa pasang GRC memiliki standar biayanya sendiri. Biasanya, biaya yang diterapkan sudah termasuk dengan biaya pasang per meter persegi.